19.6.09

username facebook


Hari sabtu, tepatnya tanggal 13 Juni 2009 pukul 11.01 WIB, facebook resmi menambah fitur baru yaitu facebook username. Fitur yang cukup ditunggu-tunggu kehadirannya. Dengan adanya fitur username ini, kita bisa membuat ID profil sesuai keinginan kita. Kalau sebelumnya ID profil kita hanya berupa deretan nomor seperti www.facebook.com/profile.php?id=9876543210 kini kita bisa mengubahnya menjadi www.facebook.com/nama.saya. Penggunaan username sendiri ini tentu cukup memudahkan kita untuk membagikan ID profil kita kepada teman-teman.

Hanya saja tampaknya fitur ini mengecewakan banyak pihak. Lho kok bisa? soalnya banyak teman-teman saya yang mengeluh username yang diincarnya telah ada yang memakai. Apalagi yang mempunyai nama-nama pasaran umum seperti misalnya Ahmad, Yanto dan sebagainya. Nama-nama seperti itu biasanya cepat dipakai orang lain. Kalau telat, ya udah kita harus mencari username yang lain karena kita tidak bisa memakai username itu lagi. Yang beruntung adalah orang-orang yang mempunyai nama yang tidak umum karena tidak ada yang punya nama yang sama dengannya. Alhasil dia bisa memakai namanya sendiri. Dan yang terjadi adalah dulu-duluan mengganti username. Siapa cepat dia dapat. Kalau telat ya udah, mau nggak mau harus nrimo cari username yang lain.


Ada seorang pengguna yang beruntung bisa memakai username seorang tokoh, yaitu Roy Suryo. Username www.facebook.com/roysuryo ternyata sudah ada yang memakai. Tapi jelas dia bukan Roy Suryo. User yang beruntung bisa mendompleng nama sang ahli telematika ini (ngakunya) bernama Watch Roy Suryo. Tak ada foto profil atau keterangan yang jelas disana.

Kalau anda pengen mengganti username anda, caranya cukup mudah kok. Masuk saja www.facebook.com/username, facebook otomatis menyediakan saran username dengan beberapa variasi sesuai nama profil anda. Tapi kita juga bisa memilih custom username sesuai keinginan kita sendiri. Username yang kita buat hanya bisa berupa karakter alphanumerik (a-z,0-9) dan titik (.) dan minimal 5 karakter. Sesudah itu klik “cek persediaan”, kalau username yang kita inginkan masih tersedia maka akan muncul konfirmasi dari facebook untuk menggunakan username yang kita mau. Setelah kita konfirmasi maka kita secara resmi, sah dan meyakinkan telah memiliki username tersebut. Lalu coba akses facebook kita melalui username tersebut dengan mengetikkan facebook.com/”username anda” (username anda diganti dengan nama username anda seperti misalnya “harto” tanpa tanda kutip), kalau udah bisa berarti kita sudah berhasil membuat username facebook. Mudah bukan?

(sumber : http://admin.muntilanation.org)